Pengalaman Ikut Indonesia Cyber Army CTF 2013

Indonesia Cyber Army

Ini kali pertama gw ikut kompetisi CTF (Capture the flag) acaranya asyik, seru, pokonya banyak banget deh pengalam yg gw dapat setelah ikut kompetisi ini, dan gw bangga jadi bagian dalam event tersebut menjadi wakil kampus buat event ini, plus gw gak nyesel walau harus absen kuliah, tapi dari semua itu ada certia menarik di dalamnya hehe.

Sebenarnya gw gak ada niat buat ikutan event ini, cuman 5 hari sebelum event ini dimulai gw ditelpon sama kaka tinggkat namanya Gagang, gw disuruh ke kampus sekarang juga, dipikiran gw keknya bakalan ada sesuatu yang penting nih, syukur waktu itu lagi gak ad kerjaan yaudah habis maghrib langsung cau ke kampus, disana langsung deh ditawarin buat ikutan kompetisi dari ICA, pengen ikut cuman ilmu belum cukup, mau nolak cuman gak enak coz disuruh wakilin nama kampus, habisnya acara ini berlangsung di Samarinda tapi kompetisinya skala Nasional klo sampe gak ikut katanya Gagang “bikin malu, masa acara level Nasional kampus kita gak ikut sih, apalagi kita tuan rumah”. Okdeh dengan berat hati gw ikut, dan malam itu juga tim terbentuk ada 3 orang namanya Gagang, Eky, dan Gw sendiri.

Mikir sisa waktu buat belajar 4 hari doang, tanpa ada dosen yang bimbing dan bener-bener buta itu kompetisi entar disuruh ngapain, dan yang parah 3 hari sebelum kompetisi gw kecelakaan, alhasil perlu istirahat total coz kaki kiri gw terkilir plus bengkak, sempat ragu mau lanjut apa ngundurin diri. 1 hari sebelum acara dimulai, malamnya kita ada briefing tentang gambaran kompetisinya buat besok, yang kepikir sih besok itu keknya kita bakalan jadi peserta yang duduk manis hehe, hanya ada waktu semalam buat belajar, sebenarnya sih bukan belajar yang bener nyiapin perangkat buat kompetisi besok, klo belajar mah udah telat banget 🙂

Pagi tanggal 29 Desember di tempat acara, gw merasa gak pede banget habis lihat wajah-wajah peserta lain yang udah pada siap buat ikut kompetisi ini, di tambah mereka semua di dampingi oleh dosen pembimbing sementara kita datang cuman modal nekat doang hehe, masuk pas mau registrasi kita tambah panik coz nama kita ternyata belum terdaftar jadi peserta, bener-bener dah kelihatan klo semuanya serba mendadak sampe lupa daftar wkwkwk, syukur masih bisa ikut hehe. Ok sebelum mulai panita membacakan aturan mainya kita dikasih 1 orang 1 ip address, untuk menang dalam waktu 4 jam kita mesti dapatkan bendera, 1 jam pertama yang kita dilakukan adalah nyari informasi sebanyak-banyaknya tetang target, 2 jam udah binggung mau ngapain habis belum pernah main-main kek beginian -,- beranjak mau 3 jam gw heran si Gagang masih semangat plus penasaran gitu nyoba-nyoba, padahal gw sama eky udah pasrah, gw masih inget banget entah kenapa gw sama eky disuruh Gagang bilang “Bisa”.

ICA Sertifikat

Ternyata efek dari kata-kata itu buat gw jadi semangat sampe jam ke 4 nyoba dan menyoba terus buat bisa tembus, walaupun kita gagal dapat bendera, setidaknya kita udah berusaha dan gak malu-maluin coz dalam waktu 4 jam cuman 2 team doang yang dapat bendera 1 jadi cuman ada juara 1 dan 2, untuk menentukan juara ke 3 kompetisinya dilanjutin lagi tapi kali ini dikasih kemudahan dari panita dengan memberikan password dalam bentuk enkripsi md5, dan sebenarnya di tahap ini kita udah bisa login sayangnya karena faktor kalah cepat jadi gagal deh 🙂  yang jelas kita udah dapat pengalam banyak yang lebih dari sekedar dapat bendera haha apan sih 🙂 minimal udah tau lah gambaran kompetisinya kek gimana, terus bisa ketemu sama orang-orang yang emang udah expert di bidang security, ada Pak Desmond dari Malaysia dan Mas Raditya Iriyandi Hacker Muda dari Indonesia yang udah share pengalamnya. Luar biasa selama 2 hari ikut eventnya Indonesia Cyber Army dari awal sampe akhir acaranya seru. Moga tahun depan bisa ikut lagi serta ada yang danain hehe dan congratulations kepada team yang menang kalian luar biasa 😀

Salam

6 thoughts on “Pengalaman Ikut Indonesia Cyber Army CTF 2013

Tinggalkan Balasan

