Work and Traveling | Ujoh Bilang

ujoh bilang

Tepatnya tanggal 5 kemarin dapat telpon dari Bogor, “Hallo mas farras bisa standby ke Mahakam ulu buat vicon” jujur sebagai orang yang lahir dan tinggal di Kalimantan belum pernah main – main ke daerah pelosoknya Kalimantan. Langsung aja ane jawab “yup, bisa mas”, awalnya ane kira itu tempat dekat, dan ternyata di mulai lah perjalanan kesana naik pesawat dari samarinda – melak.

susi air

Kesampean juga bisa flight dari bandara samarinda tercintah, yak samarinda punya bandara kecil namanya Temindung, hanya pesawat-pesawat kecli yang bisa mendarat disini, dan seumur umur baru ini naik pesawat kecil, naik peswatnya ibu susi, “SUSI AIR” waktu itu disuruh duduk di kursi belakang, sepanjang perjalanan merasa lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa, yak yang pernah naik susi air pasti merasakan apa yang saya rasakan :D. Perjalanan ke melak cuman 40 menit klo lewat darat 8 jam, sampenya di melak mulai bingung kok bandaranya sepi gak ada angkot sama taxi apalagi ojek?? terus gw gimana dong. Sekitar 1 jam cuman duduk-dudukan di bandara sambil mikir gimana caranya sampe Mahakam ulu yang musti di tempuh lagi dengan speedboat. Akhirnya ada bapak bapak menawarkan jasa penyewaan mobil, langsung aja ane bilang yes pak antarkan saya ke pelabuan tering. Dari bandara melalan ke tering itu jaraknya bisa dibilang dekat, tapi ongkos kesananya yang amat gak dekat dengan kantong , oiya jangan lupa untuk ke ATM ambillah uang sebanyak banyaknya, soalnya ATM jarang dan ngantri.

speedujoh bilang

Sampe di pelabuhan tering musti di data dulu untuk naik speedboat ke Mahakam ulu ongkosnya 300k perjalanan kesana harusnya 3 jam cuman karena speednya sering mampir – mampir buat naik dan nurunin penumpang jadilah perjalanan hampir 5 jam. Sepanjang perjalanan hanya terlihat hutan dimana-mana dan sesekali perkampungan, di speedboat ada bapak-bapak yang seneng bercerita,  waktu itu cerita tentang suku dayak beliau memang asli orang dayak, kata beliau yang gak habis pikir kenapa orang orang luar masih saja mengenal suku dayak dengan suku yang suka makan orang, punya taring, pokonya suku yang serem, pernah beliau ke jawa dan ibadah di salah satu gereja disana, dan waktu itu pak pendeta mengisi tentang gambaran suku dayak yang serba serem, selesai khotbah langsung aja saya datangin pak pendeta dan bilang pak saya ini dari Kalimantan dan saya asli orang dayak, 😀 jeder gak kebayang expresinya gimana hehe. Beliau bilang klo ada foto jaman dulu suku dayak sama tengkorank, itu jama-jaman belanda dan tengkorang itu tengkoraknya orang utan.

Akhirnya di tengah perjalanan kita singgah untuk istirahat makan, nah untuk masalah makanan harga 1 porsi nasi campur adalah 35k, lihat pada banyak yang beli makanan, jadi ikutan juga belanja air minum dan lain lain, dalam hati bilang sepertinya kamu harus beli banyak ras 😀 dan telitilah sebelum makan karena ada warung yang menjual makanan yang tidak bisa kita makan *muslim. selesai makan lanjut lagi perjalanan di tengah perjalanan ada pemandangna yang unik, ada dinding batu yang tinggi nih gambarnya

IMG_20151210_080907_HDR

speed1

Setelah menempuh perjalanan yang luar biasa sampe juga di Ujoh Bilang, dan meluncurlah saya ke kantor Bupati nya untuk menyiapkan link buat vicon. Di kantor bupati banyak terdapat Vsat karena memang untuk infrastruktur disana belum ada, untuk listrik disana hanya mengguanakan solar cell dan Generator, PLN belum ada.

ngonsole

Setelah link siap, hati senang karena udah bisa pulang 😀 eh ternyata informasinya mas musti stand by sampe pemilu selesai. Okelah pak sebagai warga Negara yang baik saya siap untuk mengamankan jalannya pemilu dari warga yang golput seperti saya hehehe.

IMG_20151209_175758 IMG_20151209_180243 IMG_20151207_173336 IMG_20151209_103317

Oiya Kabupaten Mahakam ulu ini kabupaten baru,  diresmikan tahun 2013 jadi terbilang kabupaten yang baru berkembang, bersa seperti di film tapal batas sehingga untuk penginapan disana gak ada, alhasil ane tidur sendiri di kantor bupati, tapi bersyukur nginep di kantor Bupati, karena hanya di kantor bupati listriknya 24 jam secara generatornya ada di kantor Buapti. Tiba malam hari mulai merasakan keberadaan mereka yang bisa melihat kita, tapi kita gak bisa lihat dia J tatapan saya tertuju ke luar pintu melihat sesosok baju putih yang tengah duduk sendiri, kondisi diluar gelap makin lama makin dekat, dan semakin dekat terdengar suara mas mas saya numpang disini yak, huahahaha iya boleh, ternyata itu adalah mas mas yang lagi numpang konkesi di kantor bupati 😀 akhirnya ada teman juga, dan ternyata mas masnya ini dari malang ditugaskan juga kesini lah podo mas. Kantor bupati juga ada ATM nya loh cuman kadang bisa dipake kadang engga, sekali bisa dipake jadi ngantri, So klo  pengen adem bisa istirahat di ATM ini.

IMG_20151209_200158

Untuk urusan air disini bener bener alami di ambil dari sungai langsung, sempat beberapa hari gak mandi, karena takut mandi di sungai klo aja tiba tiba ada buaya nonggol, setelah dapat informasi yang akurat ternyata sungai nya gak ada buayanya, paling cuman ular -_-

Tibalah waktunya untuk vicon Pak Bupati dan Pak Gebernur, sebelum nya link udah di tes dan baik, tapi entah kenapa 1 jam sebelum vicon link down, sempat kebakaran jenggot wkwkwk, soalnya semua komponen udah di cek dan aman, mulai dari listrik dan perangkat, hingga kabel dan dengan jurus cabut kabel terus di tiup kabelnya tapi masih aja down soalnya kemarin sempat down dan di tiup kabelnya linknya langsung up lagi .

IMG_20151209_100241

Bupati udah duduk manis dan siap untuk melaporkan jalanya pemilu, tapi linknya down pak -_- udah kordinasi sana sini tetap aja gak bisa di ping itu modem, eh setelah di crosscek penyebabnya adalah faktor awan mendung, yak awan menghalangi singnal ke antenna yang mengakibatkan antenna tidak mendapatkan signal dari satellite dan hasilnya link down,

awan RTO

maklum biasanya megang perangkat yang bisa dimainin powernya sampe disana ternyata dia pake LNA ku band yang sangat terpengaruh oleh cuaca gan, namun dengan kekuatan cinta dan doa AL-Fatihah Alhamdulillah link UP lagi hingga Bupati selesai vicon. Akhirnya kelar juga bisa bernafas lega, dan bisa jalan jalan, dan bener habis vicon bisa jalan jalan dan jalan kaki -_- ke perkamungan musti lewatin 1 bukit yang ada di belakang kantor bupati, warga disni banyak menyiapakan pernak pernik untuk natal.

vicon bupati

Oke tiba waktunya pulang, untuk pulang dari ujoh bilang ke tering musti menunggu penumpang banyak baru bisa jalan, tapi klo pengen cepat ya musti nyewa speedboat dengan harga kek naik pesawat, kita pilih yang nyewa karena takut ketinggalan pewasat. Perjalanan pulang awalnya senang, banyak foto-foto , tapi setelah speedboat kita menghantam kayu semua penumpang mulai tegang, kondisi sungai surut dan ketika speedboat lagi maneuver belok kekiri sopirnya gak lihat ada kayu di balik gelombang air, Alhamdulillah speedboat kami gak bocor dan yang patah hanya kayu bukan baling-baling speedboat. Perjalanan pulang lebih cepat karena gak melawan arus air.

tes vicon

Tiba di bandara melalan langsung beli tiket di tempat dan  menunggu sekitar 3 jam karena pesawat untuk ke samarinda berangkat pukul 4 sore. Terima kasih pak ignasius dan mas iwe semoga kita bisa ketemu lagi di lain kesempatan.

Iklan

3 thoughts on “Work and Traveling | Ujoh Bilang

  1. Katanya nyebrang sungai itu gak lama terus ntr jalan darat nya bisa sampe 8 jam mau ke ujoh bilang itu bener gak sih? Soalnya saya kerja di BPD kemungkinan terburuk dirolling kesana hiks 😢😢😢😢

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s