Tips Wireless Point to Point

judul wireless

Sharing tentang project wireless, walaupun cuman point to point doang, project ini menguhungkan link yang berjarak kurang lebih 300 Me ter deket banget yak :D, perangkat yang saya gunakan adalah ubiquiti M5HP, sebelum ke lapangan perangkat musti si cek satu per satu kemudian di konfigurasi sesuai dengan topologi nya karena pengalam kemarin ada satu perangkat yang tidak bisa di konfigurasi, jadi ada satu Radio Access Point M5HP musti di reset caranya sudah saya dokumentasikan disini, setelah di cek dan dikonfigurasi semua perangkat aman dan bernjalan dengan baik, sekarang tinggal eksekusi di lapangan.

Kadang semua rencana yang telah dibuat bisa ga berjalan mulus di lapangan, seperti ketika memasang perangkat di sebuah gedung, ada satu unsur yaitu estetiska keindahan yang perlu di perhatikan, hal ini sangat perlu di perhatikan agar nantinya ketika perangkat yang sudah dipasang tidak di permasalhkan* seperti pengalam saya kemarin, perlu adanya kordinasi yang baik dengan pihak yang punya gedung untuk dapat menempatkan perangkat dengan aman, nyaman dan tentaram agar enak di pandang hehe

Tapi klo udah ada tower untuk menaruh perangkat hal di atas tadi tidak perlu dirisaukan :D, awalnya semua perangkat sudah terpasang sesuai dengan rencana, tapi keadaan di lapangan tidak mengijinkan karena selain signalnya turun juga banyak terdapat halangan, sehingga perlu dirubah, oiya tips untuk melakukan point to point :

  • pastikan perangkat saling berhadapan, ini bisa disurvey menggunakan software seperti google earth dan lebih afdol dilakukan secara langsung, ketika naik ke tower atau atas gendeng,pastikan tidak ada yang menghalangi seperti tinggi gedung, jika terhalang gedung yang tinggi maka perlu memindahkan perangkat ke tempat yang tidak terhalang, jika perangkat di kedua sisi udah bisa terlihat menghadap, InsyaAllah signal yang di terima akan bagus, karena jika perangkat di kedua sisi sudah bisa terlihat itu berarti minim obstacle.

point to point tips

  • Langkah selanjutnya survey channel yang ada di sekitar gedung tersebut, kemudian pilihlah channel yang tidak crowded. Survey dapat menggunakan software yang sudah tersedia di perangkat point to point seperti ubiquiti dengan Airview.
  • kemudian pointing, disetiap perangkat biasanya sudah disediakan fasilitas pointing untuk mendapatkan signal yang bagus, biasanya terihat level bar signal atau menggunakan suara, seperti di ubiquiti akan terdengar suara beeper jika semakin cepat beepernya itu menandakan signal yang di terima semakin baik.

beeper

  • Terakhir lakukan bandwidth tes untuk mengetahui berapa throughput yang di dapat setelah melakukan pointing.

Yak itulah tadi beberapa tips dalam dunia perWirelessan semoga bermanfaat dan ini hasil dokumentasi point to point biar kekinian juga 😀

Salam

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s