VLAN Part 2 – Membuat Virtual LAN Pada Switch

VLAN Part 2

Di Postingan sebelumnya sudah di jelaskan tentang apa sih VLAN itu ? dan di Postingan kali ini kita akan membuat VLAN menggunakan studi kasus di postingan sebelumnya, baik studi kasusnya seperti gambar dibawah ini :

vlan sekolah

disini saya  simulasikan menggunak Paket Tracer versi 6. sekarang yuk saat nya ngonfik 😀 Baca lebih lanjut

Iklan

VLAN Part 1 – Pengenalan VLAN pada Switch

judul vlan1

Apa itu Vlan ? Vlan adalah singkatan dari Virtual LAN, artinya adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Syaratnya harus menggunakan switch manageble, jika menggunakan switch yang unmanageble maka semua portnya hanya bisa di koneksikan ke PC yang networknya sama, namun sebaliknya pada switch manageble, kita bisa membuat switch tersebut bisa digunakan network yang berbeda.

Secara physical terdapat 1 LAN, tapi secara logical bisa di buat jadi beberapa LAN. Baca lebih lanjut

Mengamankan Port Switch dan Router Cisco

woman port rj

Postingan sebelumnya udah dibahas  cara setting password di router dan switch cisco yang ada kaitannya dengan keamanan, ok di postingan ini bakal ngebahas  cara mengamankan portnya mungkin klo password itu secara logic nah klo ini secara fisiknya lah hehe 😀 ok langsung penjelasan missal di lab kita punya switch untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di lab itu, dan port-port yang ada di switch itu hanya boleh digunakan khusus untuk komputer-komputer yang ada di lab itu juga, karena kebetulan lab nya itu udah setting loss bandwidth jadi klo download di lab itu lebih kencang daripada lab lainnya .

Baca lebih lanjut

Settings Password di Router dan Switch Cisco

Config cisco

Klo denger kata password udah pasti merujuk ke satu hal yaitu soal keamanan 😀 yak zaman sekarang ini siapa sih yang gak ngerti password ? hampir semuanya serba pake password pintu aja sekarang juga udah ada tuh, yang pake password buat bukanya hehe. Balik ke topik settings password di Router dan Switch Cisco. Yuk Mari ngonsol 🙂

1. Password Console

Password yang di setting buat proteksi User Mode nya (sebelum masuk priviledge mode ), agar  hanya orang yang mengetahui/memiliki password yang bisa mengakses router melalui line console.

Contoh
Router(config)#username farras password perdana
Router(config)#line console 0
Router(config-line)#login local
Router(config-line)#exit
Router(config)#exit
Router#exit

User Access Verification

Username: farras
Password:
Router> Baca lebih lanjut