Bukan Sekedar Travelling

opreker

Alhamdulillah tanggal 23 Agustus kemarin masih diberi kesempatan untuk main-main ke Jakarta, tapi perjalanan kali ini bukan untuk jalan-jalan. Perjalaanan ini bisa dibilang tugas hehe, karena selama 9 hari kedepan akan di Training tentang Netwoking. Udah dari subuh jam 4 lewat saya dan rekan saya Faldi berangkat dari Samarinda menuju bandara di Balikpapan, perjalanan kurang lebih 2 jam lah, setiba disana karena peswatnya jam 9:45 klo gak salah sih 🙂 Alhasil sambil menunggu pesawatnya, tak kusiasiakan untuk menggunakan fasilitas wifi disana karena kecepatan Bandwidth disana sampe tembus 9Mbps, apa karena saya aja kali waktu itu yang pake jadinya kencang hehe.

Dari Bandara Sepinggan ke Bandara Soekarno Hatta pejalanan kurang lebih 2 jam dipesawat lebih banyak tidur buat jaga-jaga tenaga nanti setelah tiba disana, *padahal emang ngantuk :v, dan akhirnya tiba di Bandara Soekarno Hatta seperti biasa kita disambut sama orang-orang yang nawarin jasa carteran gitu, uniknya klo disini kita selalu dipanggil kaka wahaha kepo. Tujuan kita harus ke Cileungsi karena tempat training nya disana, karena susah nyari carteran kesana *bukan gak ada cuman ongkosnya mahal :v ya udah inisiatif saya langsung telpon kantor IDN sebagai penyelenggara acara, dan akhirnya kita dapat carteran murah dari bandara ke slipi cuman 130 Rb klo gak salah 🙂

Di Kantor IDN dapat pangalam tentang kuliner jadi pas waktu itu hari jumat, pengennya saya sama faldi mau langsung ke Masjid eh, tapi karena laper ya udah mampir dulu lah daripada entar sholat inget makan kan gak khusyuk,  di dekat masjid situ ada warung, menunya sih standar, udah kita pesan ayam penyet, suapan pertama kita bilang enak karena kondisi laper, suapan ke 3 mulai merasa pedas, suapan ke 5 udah mulai panas, suapan ke 7 mulai nanggis ,suapan ke 8 udah tidak bisa dilanjutkan lagi, dan ini adalah ayam penyet terpedas yang pernah gw rasakan semumur hidup, sumpah pedasnya masih teringat wkwkwkwk.

Selepas Sholat jumat dari kantor IDN menuju ke Cileungsi naik Taxi bareng Pak Dedi, kesan pertama tiba disana adalah suasanya nya yang beda sangat religius, dan ternyata dekat banget sama Masjid Al-Barkah masjidnya Radio Rodja 🙂 tau radio rodjakan ya ? kami berdua adalah peserta pertama yang datang di tempat trainingnya sambil menunggu peserta yang lain kita ngobrol-ngobrol bareng  dan sangat menambah wawasan terutama di dunia networking. Waktu sore datang peserta dari Serui Papua namanya Pak Yusuf, banyak cerita-cerita beliau yang sangat mengisnpirasi sekali, tapi satu yang saya ingat banget ada istilah disana “Kita Guru Mengabdi Untuk Ibu Pertiwi”.

guru tkj

Hari sabtu tanggal 24 Agustus acara dimulai masing-masing peserta memperkenalkan diri, ada Pak Purbo dari Nabire Papua, Pak Yusuf Mambrasar dari Serui Papua juga, Pak Jusmar dari Semarang, Hilman dari Bogor,  Sopyan dari Sukabumi, Maman dari Bekasi, Darmanto aka DMT dari Tangerang dan Ari dari Jakarta. Dan tak lupa Trainner MTCNA  kami selama 3 hari kedepan, jauh-jauh dari Semarang namanya Mas Akrom Musajid di dampingi sama Mas Galih dan Pak Supono.

Selama training berlangsung  belajarnya di push startnya pagi hari finish nya malam hari 🙂 tapi gak masalah suasana keakraban dan kekeluargaan membuat training ini gak kerasa tau tau udah malam aja hehe, tepat tgl 26 habis sholat Isya Ujiannya dimulai, 1 jam penentunan dan akhirnya saya lulus ujian dengan peserta lainnya walaupun hanya 1 yang gagal 😦

Bicara kuliner kita udah punya langanan warung tetap, klo disana sapaan kerennya “WARTEG” masakannya sesuai dengan lidah saya gak tau klo yang lain dah harganya pun terjangkau. Lain lagi suasananya klo udah masuk jam Sholat sebagian warung disana menutup jualannya, Sholat 5 waktu disana berasa kek di Mekkah telat dikit aja gak bisa dapat shaf pertama, jamaah sholat Fardhunya banyak, Subahanallah Luar biasa. Hari selasa tanggal Tanggal 27 dimulailah sesi training CCNA yang di isi langsung oleh Pak Dedi, beliau ini lah Creator Pelatihan Gratis Untuk Guru-guru SMK TKJ, Banyak hal yang dipelajari selama 3 hari seperti metode baru menghitung subnetting, Switching dan routing yang langsung menggunakan Real Device Cisco, keren kan (y).

Beruntung hari jumat trainingnya diliburkan, kesempatan buat jalan-jalan dan belanja router cisco 🙂  Perjalanan belanja router jauh banget sampe ke Tanggerang, disana cuman sehari  numpang tidur doang di kontrakan Mas Darmanto, habis besoknya mesti balik lagi buat lanjut training, di Tanggerang sepintas kotanya mirip dengan Bontang kota industri karena sepanjang jalan banyak bangunan pabrik-pabrik dan pabrik.

Training terakhir tentang wireless yang di isi sama Pak Hero, seru lihat alat-alatnya pak Hero, Ap murah disulap jadi AP kwalitas mahal keren (y) trik sederhananya menganti frimware bawaannya pake DDWRT, banyak sekali Ilmu tetang Wireless yang sebelumnya tidak pernah diketahui dan sekarang jadi tahu banyak.

Tanggal 1 September waktunya berpisah setelah 9 hari di Training bareng, kesan kesan selama mengikuti Training ini tidak hanya Ilmu saja yang di dapatkan, tapi lebih dari itu, semangat belajar makin bertambah, sepulang dari sini banyak PR yang harus diselesaikan, pola pengajaran terutama untuk bidang networking harus diubah secara bertahap, agar lulusan SMK dapat bersaing di dunia Industri.

Dan ini adalah video dokumentsi mencoba merangkum pengalaman selama disana, terima kasih buat para trainner, rekan – rekan guru yang sudah menshare ilmu dan pengalamannya, dan tengkyu juga bro Randy Mukti, dan Hanif semoga ilmu-ilmunya Berkah Amin.

Salam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s